TUGAS kewirausahaan
“makalah
teknologi ( baterai)”
D
I
S
U
S
U
N
OLEh
Sukri saputra
Alfian rozia yahya
KELAS XIi
TAB 2
SMK N 1
MINAS
Sumber
:
BLOG SuKrI SaPuTrA
KATA PENGANTAR
Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah baterai ini dengan baik sesuai dengan waktu yang
telah di tentukan.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua .
Bersama ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu terselesaikannya tugas ini dengan baik.
Dalam penyusunan tugas ini tentu jauh dari sempurna,
oleh karena itu segala kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan dan
penyempurnaan tugas ini dan untuk pelajaran bagi kita semua dalam pembuatan
tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Semoga dengan adanya tugas ini kita
dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
COVER......................................................................................... 1
KATA PENGANTAR................................................................. 2
DAFTAR ISI................................................................................ 3
BAB l........................................................................................... 4
Pendahuluan............................................................................... 4
Latar belakang............................................................................. 4
BAB II.......................................................................................... 5
Pembahasan............................................................................... 5
Spesifikasi baterai kendaraan.................................................... 5
Fungsi baterai kendaraan........................................................... 5
Tipe baterai.................................................................................. 6
Konstruksi baterai kering............................................................ 7
Konstruksi baterai basah............................................................ 7
Cara kerja baterai........................................................................ 8
BAB III....................................................................................... 12
Rangkuman pertanyaan........................................................... 12
BAB IV...................................................................................... 13
A. Kesimpulan...................................................................... 13
B. Saran................................................................................ 13
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Menurut Wikipedia bahasa
Indonesia, ensiklopedi bebas, Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang
menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Tentunya sebagai alat yang mengeluarkan energi
listrik, baterai mempunyai fungsi yang sangat banyak dan beraneka ragam. Dalam
dunia teknologi khususnya dalam hal ini dunia otomotif, baterai berperan sangat
penting sebagai penyedia energi yang utama dalam proses pembakaran mesin diesel
dan mesin bensin. Dan tentunya masih banyak lagi fungsi dari bateri.
BAB II
PEMBAHASAN
Baterai terdiri dari beberapa komponen antara lain :
Kotak baterai, terminal baterai, elektrolit baterai, lubang elektrolit
baterai, tutup baterai dan sel baterai. Dalam satu baterai terdiri dari
beberapa sel baterai, tiap sel menghasilkan tegangan 2 - 2,2 V. Baterai 6 V
terdiri dari 3 sel, dan baterai 12 V mempunyai 6 sel baterai yang dirangkai
secara seri.
Tiap sel baterai mempunyai lubang untuk mengisi
elektrolit baterai, lubang tersebut ditutup dengan tutup baterai, pada tutup
terdapat lubang ventilasi yang digunakan untuk mengalirkan uap dari elektrolit
baterai. Tiap sel baterai terdapat plat positip, saparator dan plat negatip,
plat positip berwarna coklat gelap (dark brown) dan plat negatip
berwarna abu-abu metalik (metallic gray).
BAB III
RANGKUMAN
PERTANYAAN
TAHI
HUTAURUP
Pertanyaan :
berapa Volt baterai alat berat?
Jawaban : Baterai untuk Alat Berat dan mobil biasanya
mempunyai tegangan sebesar
12
Volt
ROY
NALDO .P
Pertanyaan :
berapa tegangan (Volt) baterai kendaraan sepeda motor?
Jawaban : untuk motor ada tiga jenis
yaitu, dengan tegangan 12 Volt, 9 volt dan ada juga
yang bertegangan 6 Volt.
RISKI
SAPUTRA
Pertanyaan :
apa kandungan air baterai basah dan apa bahan dari baterai kering dan
mengapa
disebut baterai kering?
Jawaban : Baterai basah
media penyimpan arus listrik ini merupakan
jenis paling umum digunakan. baterai
jenis ini masih perlu diberi air baterai yang dikenal dengan sebutan accu zuur.
air aki zuur adalah senyawa kimia ( H2SO4)
Baterai kering (Aki Kering)
aki
kering (aki tertutup). Sel pada aki jenis ini
terbuat dari bahan kalsium yang disekat oleh jaring berisi bahan
elektrolit berbentuk gel/selai dan
dikemas dalam wadah tertutup rapat, sehingga aki jenis ini dijuluki sebagai aki
kering. Sifat elektrolit pada aki kering
memiliki kecepatan penyimpanan listrik yang lebih baik, karena sel terbuat dari
bahan kalsium. Aki ini memiliki
kemampuan penyimpanan listrik yang jauh lebih baik karena mampu melakukan start
saat didiamkan dalam waktu cukup lama. Kemasannya yang tertutup rapat membuat
aki jenis ini bebas ditempatkan dengan berbagai posisi tanpa khawatir tumpah.
HAYATUN
NUVUS
Pertanyaan :
apa fungsi konektor pada baterai?
Jawaban : konektor berfungsi sebagai penghubung
masing-masing sel, antara pelat yg
Satu dengan yang lain.
Contoh konektor didalam baterai
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan
mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Tentunya sebagai alat yang mengeluarkan energi
listrik, baterai mempunyai fungsi yang sangat banyak dan beraneka ragam.
Baterai ada dua tipe yaitu baterai kering dan baterai basah. Di dalam
baterai mobil terdapat elektrolit asam sulfat, elektroda positif dan negatif
dalam bentuk plat. Plat-plat dibuat dari timah atau berasal dari timah.
Pemeriksaan baterai dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pemeriksaan secara
visual baterai dan pemeriksaan elektrolit.
Pada dasar nya baterai kering dibuat agar konsumen tidak terlalu repot
mengurus atau mengisi air aki, seperti aki basah yang harus mengisi air nya
jika terlihat kurang dari batas lower level.
B.
Saran
saran
penulis untuk menjaga agar baterai dapat awet dan tahan lama maka perlu
dilakukan pemeriksaan dan perawatan baterai secara berkala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar