Sabtu, 26 Desember 2015

contoh makalah pembahasan baterai

TUGAS  kewirausahaan

makalah  teknologi  ( baterai)

D
I
S
U
S
U
N
OLEh

Sukri  saputra
Alfian  rozia  yahya

KELAS  XIi  TAB  2
SMK N  1  MINAS

Sumber :


BLOG SuKrI  SaPuTrA



KATA PENGANTAR

Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah baterai  ini dengan baik sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua . Bersama ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas ini dengan baik.
Dalam penyusunan tugas ini tentu jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan dan penyempurnaan tugas ini dan untuk pelajaran bagi kita semua dalam pembuatan tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Semoga dengan adanya tugas ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan.



DAFTAR   ISI


COVER......................................................................................... 1
KATA  PENGANTAR................................................................. 2
DAFTAR  ISI................................................................................ 3
BAB  l........................................................................................... 4
Pendahuluan............................................................................... 4
Latar belakang............................................................................. 4
BAB  II.......................................................................................... 5
Pembahasan............................................................................... 5
Spesifikasi baterai kendaraan.................................................... 5
Fungsi baterai kendaraan........................................................... 5
Tipe baterai.................................................................................. 6
Konstruksi baterai kering............................................................ 7
Konstruksi baterai basah............................................................ 7
Cara kerja baterai........................................................................ 8
BAB  III....................................................................................... 12
Rangkuman pertanyaan........................................................... 12
BAB  IV...................................................................................... 13
A.  Kesimpulan...................................................................... 13
B.  Saran................................................................................ 13



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedi bebas, Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Tentunya sebagai alat yang mengeluarkan energi listrik, baterai mempunyai fungsi yang sangat banyak dan beraneka ragam. Dalam dunia teknologi khususnya dalam hal ini dunia otomotif, baterai berperan sangat penting sebagai penyedia energi yang utama dalam proses pembakaran mesin diesel dan mesin bensin. Dan tentunya masih banyak lagi fungsi dari bateri.



BAB II

PEMBAHASAN


Baterai terdiri dari beberapa komponen antara lain : Kotak  baterai, terminal baterai, elektrolit baterai, lubang elektrolit baterai,  tutup baterai dan sel baterai. Dalam satu baterai terdiri dari beberapa sel baterai, tiap sel menghasilkan tegangan 2 - 2,2 V. Baterai 6 V terdiri dari 3 sel, dan baterai 12 V mempunyai 6 sel baterai yang dirangkai secara seri.
Tiap sel baterai mempunyai lubang untuk mengisi elektrolit baterai, lubang tersebut ditutup dengan tutup baterai, pada tutup terdapat lubang ventilasi yang digunakan untuk mengalirkan uap dari elektrolit baterai. Tiap sel baterai terdapat plat positip, saparator dan plat negatip, plat positip berwarna coklat gelap (dark brown) dan plat negatip berwarna abu-abu metalik (metallic gray).
















BAB  III
RANGKUMAN  PERTANYAAN

TAHI  HUTAURUP
Pertanyaan         :    berapa Volt baterai alat berat?
Jawaban              :    Baterai untuk Alat Berat dan mobil biasanya mempunyai tegangan sebesar
12  Volt

ROY  NALDO .P
Pertanyaan         :    berapa tegangan (Volt) baterai kendaraan sepeda motor?
Jawaban              :    untuk motor ada tiga jenis yaitu, dengan tegangan 12 Volt, 9 volt dan ada juga
yang bertegangan 6 Volt.

RISKI  SAPUTRA
Pertanyaan         :    apa kandungan air baterai basah dan apa bahan dari baterai kering dan mengapa
disebut baterai kering?
Jawaban              :     Baterai basah 
 media penyimpan arus listrik ini merupakan jenis paling umum digunakan.  baterai jenis ini masih perlu diberi air baterai yang dikenal dengan sebutan accu zuur.
air aki zuur adalah senyawa kimia ( H2SO4)
Baterai kering (Aki Kering)
aki kering (aki tertutup). Sel pada aki jenis ini  terbuat dari bahan kalsium yang disekat oleh jaring berisi bahan elektrolit berbentuk gel/selai  dan dikemas dalam wadah tertutup rapat, sehingga aki jenis ini dijuluki sebagai aki kering.  Sifat elektrolit pada aki kering memiliki kecepatan penyimpanan listrik yang lebih baik, karena sel terbuat dari bahan kalsium.  Aki ini memiliki kemampuan penyimpanan listrik yang jauh lebih baik karena mampu melakukan start saat didiamkan dalam waktu cukup lama. Kemasannya yang tertutup rapat membuat aki jenis ini bebas ditempatkan dengan berbagai posisi tanpa khawatir tumpah.

HAYATUN  NUVUS
Pertanyaan         :    apa fungsi konektor pada baterai?
Jawaban              :    konektor berfungsi sebagai penghubung masing-masing sel, antara pelat yg
Satu dengan yang lain.
Contoh  konektor didalam baterai
BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Tentunya sebagai alat yang mengeluarkan energi listrik, baterai mempunyai fungsi yang sangat banyak dan beraneka ragam.
 Baterai ada dua tipe yaitu baterai kering dan baterai basah. Di dalam baterai mobil terdapat elektrolit asam sulfat, elektroda positif dan negatif dalam bentuk plat. Plat-plat dibuat dari timah atau berasal dari timah. Pemeriksaan baterai dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pemeriksaan secara visual baterai dan pemeriksaan elektrolit.
Pada dasar nya baterai kering dibuat agar konsumen tidak terlalu repot mengurus atau mengisi air aki, seperti aki basah yang harus mengisi air nya jika terlihat kurang dari batas lower level.

B.     Saran
saran penulis untuk menjaga agar baterai dapat awet dan tahan lama maka perlu dilakukan pemeriksaan dan perawatan baterai secara berkala.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar