LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT.
DRILINCO MAJU
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN
V
08
JANUARI s/d 08 MEI 2015
‘’PERBAIKAN
CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”
Diajukansebagaisalahsatutugasakhirdalampelaksanaan
PraktikKerjaIndustri
DISUSUN OLEH
NAMA :
SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN : 837 /
9984775758
TEKNIK
ALAT BERAT
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MINAS
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN SIAK
PROVINSI
RIAU
2015
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT.
DRILINCO MAJU
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN
V
08
JANUARI s/d 08 MEI 2015
‘’PERBAIKAN
CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”
Diajukansebagaisalahsatutugasakhirdalampelaksanaan
PraktikKerjaIndustri

DISUSUN OLEH
NAMA :
SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN : 837 /
9984775758
TEKNIK
ALAT BERAT
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MINAS
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN SIAK
PROVINSI
RIAU
2015
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT.
DRILINCO MAJU
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN
V
08
JANUARI s/d 08 MEI 2015
‘’PERBAIKAN
CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”
DISUSUN OLEH
NAMA :
SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN : 837 /
9984775758
DisetujuiOleh,
Minas, 08 Mei 2015
PembimbingSekolah Pembimbing DU/DI
KRISBETS S,Pd FAUZI
Mengetahui
KepalaSekolah
KetuaJurusan
AGUSTINA SUSILAWATI.M.Pd
SUMARDI S.Pd
NIP.197508252003122003 NIP.197903012011021001
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT.
DRILINCO MAJU
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN
V
08
JANUARI s/d 08 MEI 2015
‘’PERBAIKAN
CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”
DISUSUN OLEH
NAMA :
SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN : 837 /
9984775758
Menyetujui
Minas, 08
Mei 2015
Supervisor
Workshop Pembimbing DU/DI
SALFI FAUZI
KATA PENGANTAR
Pujisyukur
kami panjatkan kehadiran tuhan yang maha esa yang telah memberikan segala berkah
dan hidayahnya serta rahmat-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan
praktek kerja industri (PRAKERIN) yang merupupakan intrakulikuler yang
dilaksanakan oleh siswa di dunia usaha/industry yang memudahkan secara sistematik
dan sinkron program pendidikan disekolah dan program pengusahaan keahlian yang
memperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia usaha/industri, hal tersebut
dilaksanakan penulis dengan terjun langsung ke PT. DRILINCO MAJU untuk melaksanakan
praktek kerja lapangan pada tanggal 8 Januari s/d 8 Mei 2015.
Dengan
telah selesainya praktek tersebut penulis membuat laporan yang diberijudul“Perbaikan
Cylinder Bucket Back Hoe JCB 3CX” selesainya laporan ini tidak terlepas
dari dorongan,bantuan,dan bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak yang
berkenan membantu dalam penulisan laporan prakerin ini. Dengan demikian penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.
Pada
kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasi kepada :
1. Orang
tua dan keluarga yang telah member bimbingan dan dorongan maupun material
sertaDo’a untuk keberhasilan penulis.
2. Ibuk
AGUSTINA SUSILAWATI M,Pd Selaku kepala sekolah SMK Negri 1 Minas.
3. Bapak
Sumardi S.Pd selaku ketua jurusan dan Bapak Krisbets S.Pd selaku Guru
pembimbing sekolah dan juga pembimbing DU/DI yang telah memberikan masukan,
pengarahan dan memantau penulis selama menjalankan Prakerin.
4. Para
majelis Guru dan Staft Tata Usaha yang telah memberikan pengarahan serta bimbingan
kepada Penulis.
5. Bapak
Fauzi selaku pembimbing dari perusahaan.
6. Bapak
Salfi sebagai supervisor workshop.
7. Seluruh
karyawan PT. DRILINCO MAJU yang telah membantu kelancaran kegiatan Prakerin penulis.
Untuk
semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan berbagai hal selama
masa prakerin, penulis ucapkan terimakasih. Penulis memohon kepada Tuhan Yang
Maha Esa, semoga pengorbanan dan keiklasan yang telah diberikan oleh pihak yang
telah membantu dalam melaksanakan Prakerin di
PT. DRILINCO MAJU akan dibalasnya dengan balasan yang berlipat ganda.
Amin..
Minas, 8
Mei 2015
Penulis
SUKRI SAPUTRA
DAFTAR ISI
COVER…………………………………………………………………………I
LEMBAR
PENGESAHAN………………………………………………..…III
KATA PENGANTAR………………………………………………………..V
DAFTAR ISI…………………………………………………………………VII
DAFTAR GAMBAR………………………………………………………..VIII
BAB IPENDAHULUAN………………………………………..……………1
1.1 Latarbelakangprakerin……………………………….…………..1
1.2 LatarBelakangPendidikanSistemGanda……………………….1
1.3Tujuanpendidikan
system ganda (PSG)……………….…...….3
1.4 Manfaatpendidikan system ganda (PSG)……………….……3
BAB II
GAMBARAN UMUM……………………………………..……….5
2.1 TinjauanUmun
/ Sejarah DU/DI……………………..…………..5
2.2 VisidanMisi……………………………………………..………….5
2.3 System Organisasi PT.DRILINCO MAJU………….……….....6
2.4 JadwalKerja………………………………………………………..7
2.5 PemeliharaanTempatdanLingkunganKerja…………………….7
BAB III
TEORI DASAR…………………………………………..………..8
3.1Fungsi
Cylinder……………………………………………………8
3.2 komponen system Cylinder…………………………………….8
BAB IVPEMBAHASAN……………………………..…………………......11
4.1 Alatkeselamatansebelumpengerjaan……..……………….....11
4.2 AlatdanBahan…………………………………………..……….13
4.3 Pembongkaran
Cylinder Bucket……………………….….....16
4.4 pemasanganCylinder Bucket …………………………………18
BAB V
PENUTUP………………………………………………..……......19
5.1 kesimpilan……………………………………………..……......19
5.2 saran………………………………………………….………....19
Daftarpustaka
Lampiran
DAFTAR
GAMBAR
GAMBAR 3.1 Cylinder Bucket……………..……………..…...….2
GAMBAR 3.2 Cylinder………..………………………………..….2
GAMBAR 3.3 Rod……………………………………………….…3
GAMBAR 3.4 Piston……………………………………………….4
GAMBAR 3.5 Head…………………..……………………………4
GAMBAR 3.6 Seal
dan O-Ring………...…….…………..………5
GAMBAR 3.7 Pin………………………………….………..….…..5
GAMBAR 3.8 Lock
Pin ………………………………...….……...5
GAMBAR 4.1 Safety helmet (helm
safety )…………..…..……6
GAMBAR 4.2 Safety gless ( kacamata
safety )………..….…6
GAMBAR 4.3 Safety vest ( pakaian
safety )………….………6
GAMBAR 4.4 Safety Glove ( sarungtangan
)……….…..….7
GAMBAR 4.5 Safety shoes ( sepatu safety )…………..…...7
GAMBAR 4.6 KunciShock
…………………………………..…8
GAMBAR 4.7 KunciRing-pass
…………………………………8
GAMBAR 4.8 ObengMin (-)……………………………….......9
GAMBAR 4.9 Hammer……………………………………….…10
GAMBAR 4.10 KainMajun
………………………………….…..10
GAMBAR 4.11 WadahTampung……………………………….11
GAMBAR 4.12 Over
Head Crane (OHC)……………….………11
GAMBAR 4.13 Belting…………………………………….………11
GAMBAR 4.14 Mempergunakan
Over Head Crane…….……..12
GAMBAR 4.15 Nut
pada Rod………………………...…………..12
GAMBAR 4.16 Piston
yang sudahterlepas……………………..12
GAMBAR
4.17 Seal
pada Rod………….………………………...13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang praktek
Pada saat ini perkembangan penemuan dibidang teknologi khususnya
otomotif sangat pesat.Sebenarnya dalam bidang otomotif tersebut pada dasar nya
untuk membantu memperlancar dan mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhannya
sehari-hari.
Dalam ruang lingkup yang
lebih kecil seperti suatu industri,maka kebutuhan akan otomotif sangatlah
mutlak diperlukan guna untuk memperlancar suatu proses industri sehingga akan
diperoleh efisiensi yang tinggi dari hasil yang maksimal. Sebagai contoh dibidang otomotif yang banyak
dipakai dalam suatu industri yaitu froklif atau crane yang beroperasi sebagai
pengangkat bahan baku, hasil industri dan memindahkan suatu barang atau material
yang berat atau tidak bisa dipindahkan oleh tangan manusia.
Praktek dibidang otomotif ini dimaksudkan untuk
memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang cara menganalisa kerusakan dan
mereparasi komponen otomotif yang mengalami gangguan. Hal ini dapat
meningkatkan kemampuan dan keahlian siswa untuk dapat bersaing di dunia usaha
atau industri dan menciptakan lapangan kerja.
1.2 Latar Belakang Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Pada
saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sudah berkembang
sedemikian pesatnya, sehingga bagi kita dapat lebih giat lagi belajar yang
berguna untuk mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
tersebut. Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
merupakan bagian dari kurikulum sekolah menengah kejurusan (SMK) yang
dilaksanakan untuk menguji sampai dimana kemampuan seorang siswa dalam
menerapkan ilmu yang telah di dapatnya. Dan sebagai salah satu syarat mengikuti
ujian akhir sekolah (UAS) serta ujian akhir Nasional (UAN) di seluruh SMK di
Indonesia melalui praktek kerja ini siswa diharapkan dapat menerapkan
teori-teori yang didapat dari bangku sekolah guna memperoleh pengalaman serta
semua ilmu yang didapat selama PSG, dapat bermanfaat untuk memudahkan peluang
kerja dan menjadi tenaga kerja yang professional dan siap pakai. Oleh karena
itu semua sekolah menengah kejurusan (SMK) di wajibkan mengikuti Pendidikan
System Ganda (PSG) karena sudah ditetapkan aturannya oleh Negara melalui mentri
pendidikan yang sesuai dengan :
a. undang-undang
No. 2 tentang pendidikan nasional yakni : penyelenggaraan pendidikan di sekolah
dan pendidikan di luar sekolah. (BAB IV
pasal 1 ayat 1)
b. peraturan
pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang para peran serta masyarakat dalam
pendidikan nasional yang berbunyi : peran masyarakat dapat berupa pemberian
tempat magang atau pelatihan kerja. (BAB II pasal 4 ayat 8)
c. keputusan
mentri pendidikan No. 0490/V/1992 tentang sekolah yang berisi : kerja sama
sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan dunia industri sesuai dengan program
sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan azas saling menguntungkan. (pasal 33).
d. Praktek
kerja industri juga kegiatan kulikuler yang wajib dilaksanakan bagi setiap
siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia sebagai persyaratan untuk
mengikuti ujian akhir sekolah (UAN).
e. Pada
umumnya pendidikan system ganda (PSG) adalah suatu bentuk penyelenggaraan
keahlian professional yang memudahkan secara sistematik.
1.3 Tujuan Pendidikan Sistem Ganda(PSG) atau
prakerin
Beberapa
tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan pendidikan system ganda (PSG) di
dunia industri adalah :
a. melihat,
mengenal dan melaksanakan pekerjaan secara langsung serta menerapkan
teori-teori yang telah didapat di sekolah
b. berlatih,
disiplin dan bertanggung jawab dalam setiap melaksanakan pekerjaan yang
diberikan.
c. Memperoleh
ilmu dan pengetahuan dalam bidang otomotif sehingga dapat menambah pengalaman
dan wawasan untuk siap terjun ke lapangan.
d. Memperoleh
link dan macth antara sekolah dengan dunia kerja yang berkualitas dan
professional.
e. Sebagai
persyaratan mengikuti ujian akhir nasional (UAN) dan program wajib setiap
sekolah menengah kejuruan (SMK).
f. Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai dari proses
pendidikan.
g. Menghasilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja memiliki
tingkat pengetahuan dan keterampilan serta etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan laporan kerja.
h. Memperkokoh
keterkaitan dan keterpaduan antara sekolah dengan dunia usaha/industri.
1.4 Manfaat Pendidikan Sistem Ganda(PSG) atau
Prakerin
a. Bagi
siswa :
1. Dengan
mengetahui dan memahami berbagai macam aspek dalam perusahaan.
2. Dapat
membandingkan teori yang dapat disekolah dengan pengalaman yang didapat
dilapangan pekerjaan.
3. Mendapat
kesempatan untuk melatih keterampilan dan menambah ilmu dalam setiap melakukan
pekerjaan atau kegiatan.
4. Hasil
karya lebih bermakna sebagai bekal hidup dan pengembangan diri.
b. Bagi sekolah :
1. mempererat
kerjasama yang baik antara perusahaan dengan sekolah menengah kejuruan (SMK).
2. Tercapainya
tujuan praktek kerja industri (Prakerin). Terjadi kesesuaian dan keselarasan
antara program pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha.
c.
Bagi dunia usaha/industri :
1. Mengenal
lebih dalam kualitas pegawai. Dalam hal tersebut peserta di didik dengan tenaga
kerja yang dapat memberikan keuntungan.
2. Pemberian
tugas kepada peserta didik untuk memberi solusi teknik ilmu pengetahuan bagi
pihak perusahaan/intansi.
3. Sebagai
wujud kerjasama dan kepedulian perusahaan dengan dunia pendidikan.
BAB II
GAMBARAN UMUM
2.1
Tinjauan umum/sejarah DU/DI
PT. DRILINCO MAJU adalah
suatu perusahaan swasta yang berdiri pada tahun 1996.Bergerak dibidang
perbengkelan dan dialer.
2.2 Visi dan misi
Visi dan misi PT. DRILINCO MAJU yaitu
adalah sebagai berikut :
Visi : perusahaan
yang mengembangkan hubungan social yang harmonis, layak secara ekonomis dan
ramah lingkungan.
Misi : mengelola
dan mengembangkan secara tekhnik dan menyediakan kesempatan dan lapangan kerja
bagi masyarakat dan industri terkait serta memperbaiki kesejahteraan masyarakat
sekitar.
SYSTEM
ORGANISASI PT.DRILINCO MAJU
MOSC
MINAS

2.3 Jadwal kerja
Adapun
jadwal atau jam masuk pada praktek kerja industri di PT.DRILINCO MAJU adalah
sebagai berikut :
Senin
:-masuk/check in : Pukul 07.00 WIB
-istirahat : Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check
out : Pukul
16.00 WIB
Selasa : -masuk/check in : Pukul
07.00 WIB
-istirahat : Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check
out : Pukul
16.00 WIB
Rabu
: -masuk/check in : Pukul 07.00 WIB
-istirahat : Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check
out : Pukul
16.00 WIB
Kamis
: -masuk/check in : Pukul 07.00 WIB
-istirahat : Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check
out : Pukul
16.00 WIB
Jum’at : -masuk/check in : Pukul 07.00 WIB
-istirahat : Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check
out : Pukul
16.00 WIB
Sabtu
dan Minggu : OFF
2.4 Pemeliharaan Tempat dan Lingkungan Kerja
Pemeliharaan tempat kerja
dan lingkungan kerja sangatlah penting karna bersihnya tempat dan lingkungan
kerja, maka seluruh karyawan dan karyawati akan senang dan semangat dalam
bekerja. Pemeliharaan tempat lingkungan kerja (cleaning service) ditangani oleh
jasa kontraktor yang ditugaskan khusus untuk membersihkan kantor dan area
workshop tempat kerja.
BAB III
TEORI
DASAR
3.1 Fungsi Cylinder Bucket back hoe JCB 3CX
CylinderBucket berfungsi untuk membuka dan menutup Bucket ketika mengambil dan membuang
beban yang ada dalam Bucket.

Gambar 3.1 Cylinder bucket
3.2 komponen Cylinder Bucket back hoe JCB 3CX
Adapun komponen-komponen Cylinder bucket terbagi menjadi sebagai berikut :
A. Cylinder
Cylinder
berfungsi sebagai tempat cairan fluida atau
sebagai tabung penyimpanan.

Gambar 3.2 Cylinder
B. Rod
Rod berfungsi sebagai penerus tenaga dari piston yang akan diberikan ke bucket.

Gambar 3.3 Rod
C. Piston
Piston
berfungsi sebagai tenaga awal atau penerus awal yang dihasilkan oleh fluida.

Gambar 3.4 Piston
D. Head
Head berfungsi sebagai
tutup Cylinder.

Gambar 3.5 Head
E. Seal
dan O-Ring
Seal dan O-Ringberfungsi
sebagai penahan fluida agar tidak
terjadi kebocoran pada cylinder bucket

Gambar 3.6 Seal dan O-Ring
F. Pin
Pin
berfungsi sebagai penahan atau pengunci Cylinder
bucket.

Gambar 3.7 Pin
G. Lock
Pin
Lock Pin berfungsi
sebagai pengunci Pin

Gambar 3.8 Lock Pin
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Alat
keselamatan sebelum pengerjaan
Dalam melakukan suatu pengerjaan, setiap
pekerja harus mempersiapkan safety yang wajib digunakan dalam melakukan suatu
perbaikan atau pekerjaan, dan safety yang wajib digunakan secara umum adalah
sebagai berikut:
a. Safety
Helmet
Safety helmet berfungsi
untuk melindungi kepala kita dari benturan yang timbul tidak disengaja maupun
benturan dari jatuhan material-material.

Gambar4.1 safety helmet
b. Safety
gless (kacamata safety)
Safety gless berfungsi
untuk melindungi mata kita dari kotoran-kotoran,debu,atau pun reruntuhan pasir
yang tidak sengaja jatuh.

Gambar
4.2safety gless
c.
Safety vest (pakaian kerja)
Pakaian kerja didesain
secara khusus untuk melindungi badan kita dari kotoran dan bahaya seperti
tumpahan cairan.

Gambar 4.3safety vest
d. Safety
glove (sarung tangan)
Sarung tangan berfungsi
untuk melindungi tangan kita dari bahaya benda-benda tajam maupun
material-material lainnya yang dapat melukai tangan kita.

Gambar 4.4safety glove
e. Safety
shoes (sepatu safety)
Sepatu kerja di desain
secara khusus yang berfungsi untuk melindungi kaki kita dari bahaya seperti
pecahan kaca,paku,duri,maupun dari jatuhan benda-benda yang tidak disengaja.

Gambar 4.5safety shoes
4.2 Alat
dan Bahan
Sebelum melakukan
perbaikan, ada beberapa alat-alat dan bahan yang harus di persiapkan, alat dan
bahan tersebut yaitu :
1. Alat
a. Kunci
Shock
Fungsi
Kunci Shock adalah untuk membuka baut atau mur pada komponen, Kunci Shock
adalah jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas baut atau mur pada
komponen.

Gambar4.6Kunci Shock
b. Kunci
Ring Pass
Fungsi
Kunci Ring Pass adalah untuk membuka baut dan mur pada komponen.

Gambar 4.7Kunci Ring Pass
c. Obeng
Min
Obeng Min berguna untuk
mencongkel Lock Pin

Gambar4.8Obeng Min
d.
Hammer
Hammer berguna untuk
memukul Pin agar mudah terlepas

Gambar 4.9 Hammer
2. Bahan
a. kain
Majun
Fungsi kain majun adalah membersihkan kotoran
yang menempel pada parts/komponen.

Gambar4.10Kain Majun
b. wadah
tampungan / drum potong
Wadah
tampungan / drum potong digunakan untuk menampung tumpahan oli atau cairan
lainnya.

Gambar4.11Wadah Tampung
c. Over
Head Crane (OHC)
Berfungsi sebagai alat yang
membantu mengangkat cylinder.

Gambar4.12Over Head Crane
d.
Belting
Berfungsi untuk mengikat cylinder agar bisa
dihubungkan ke Hoise

Gambar 4.13 Belting
4.3
PembongkaranCylinder Bucket
Adapun langkat
pembongkaran CylinderBucket adalah
sebagai berikut :
a. Bukalah hose in dan hose out pada Cylinder bucket dengan kunci ring pass 7/8 inchi.
b. Tampunglah tumpahan oli hydraulic dengan penampung(Drum potong).
c. Agar cylinder
tidak jatuh sebelum membuka Lock Ping dan
Pin sebaiknya cylinder di ikat dengan belting, dan belting di ikat ke head over
crane (OHC).

Gambar 4.14Mempergunakan
OHC
d. Bukalah Lock
Pin dan Pin pada cylinder bucket
dengan hammer.
e. Setelah terlepas dari unit, letakkan di meja
kerja.
f. Setelah itu, lepaslahhead dengan kunci ring pass 40mm
g. Setelah head terlepas, tarik lah rod dengan perlahan agar head terlepas dari cylinder.
h. Setelah Rod danHead
terlepas dari Cylinder, bukalah nut pada rod
untuk melepas piston dengan
menggunakan kunci ring pass 25 mm.

Gambar 4.15Nut
pada Rod
i. Dan lepaslah piston darirod.

Gambar
4.16 Piston yang sudah terlepas
j. Setelah semua terlepas, maka lepaskan lah seal dan O-ring padapiston dan head dengan menggunakan pencongkel atau Obeng Min.

Gambar 4.17Seal
pada Rod
k. bukalahbushing
pada rodCylinder dengan cara di
press atau dipukul dengan hammer.
l. setelah semuanya terlepas, maka seal,O-ring dan bushing yang rusak diganti dengan yang baru.
m. Jika rod
mengalami kebengkokan maka rod harus
di fabrikasi.
4.4
PemasanganCylinder Bucket
Adapun langkah pemasanganCylinder Bucket sebagai berikut:
a. Sebelum memasang komponen Cylinderbucket, bersihkanlah semua komponen.
b. Setelah semua komponen bersih, pasanglah seal dan O-ring pada piston.
c. Setelah terpasang, masukkan bushingke rod. Lalu pasanglah piston dan
kuncilah nut dengan kunci ring pass 25
mm.
d. Setelah itu, masukkan rod ke cylinder dengan
perlahan.
e. Pasanglah head
dan kunci dengan kunci ring pass 40
mm.
f. Setelah terpasang, pasanglah Ram Cylinder bucket ke unit dengan
memasang Pin dan Lock Pin.
g. Pasanglah Hose
In dan Hose Out dengan kunci ring
pass 7/8 inchi.
h. Sebelum menguji unit, tambahlah oli hidroulic dengan menggunakan oli turalik oil 48.
i. Setelah itu,Cylinder
dapat di operasikan kembali.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Setelah kami melaksanakan
praktek system ganda (PSG) di PT. DRILINCO MAJU dan membuat laporan ini, maka
kami dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain :
a. Kegiatan
prakerin merupakan kegiatan yang positif bagi siswa sekolah menengah kejuruan
(SMK) karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi siswa dan siswi.
b. Kegiatan prakerin merupakan kesempatan yang
memberikan ruang kepada siswa dan siswi SMK untuk mengembangkan kemampuan
sesuai dengan kompetensi masing-masing.
c. Kegiatan prakerin merupakan media promosi
kemampuan siswa SMK sebagai tenaga kerja yang matang dalam menyongsong dunia
kerja.
Praktek kerja lapangan ini dilaksanakan untuk
menambah keterampilan siswa dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori
yang didapat langsung pada objeknya.
5.2 Saran
Penulis ingin mengemukakan beberapa saran yang belum bisa
penulis ungkapkan secara langsung, agar dapat dijadikan sebagai bahan masukan,
Saran-saran tersebut adalah :
a. kepada pihak SMKN 1 MINAS
·
Agar lebih
meningkatkan kualitas siswa-siswinya dengan cara menempatkan para
siswa-siswinya pada tempat prakerin yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang
diajarkan selama belajar di SMKN 1 MINAS
·
Lebih
memantapkan pelajaran tentang ilmu teknik alat berat dengan cara memberikan
penjelasan beserta bahan prakteknya.
b.
Kepada pihak PT. DRILINCO MAJU
·
Agar lebih
meningkatkan kedisiplinan pegawai dalam jam kerja
·
Penulis selalu
mendo’akan agar PT. DRILINCO MAJU tetap jaya sampai kapanpun dan semoga semua
visi dan misinya dapat tercapai sesuai yang diharapkan.
·
Penulis selalu
berharap agar PT. DRILINCO MAJU selalu menerima siswa-siswi SMKN 1 MINAS untuk
melaksanakan kegiatan prakerin guna mempraktekkan ilmu yang didapat dari
sekolah sesuai jurusan masing-masing.
·
Penulis
berharap agar PT. DRILINCO MAJU selalu membuka lowongan pekerjaan setiap
tahunnya, khususnya untuk siswa-siswi SMKN 1 MINAS.
Sumber nya dari mana ini kak
BalasHapusMksih bnyk atas kerjaan ini...aku jadi mudah dalam mengerjakan tugasku
BalasHapus