Sabtu, 25 April 2015

contoh laporan magang materi cylinder bucket



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT. DRILINCO MAJU
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN V
08 JANUARI s/d 08 MEI 2015

‘’PERBAIKAN CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”


Diajukansebagaisalahsatutugasakhirdalampelaksanaan
PraktikKerjaIndustri






DISUSUN OLEH
NAMA                        : SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN       :  837 / 9984775758


TEKNIK ALAT BERAT
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MINAS
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIAK
PROVINSI RIAU
2015
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT. DRILINCO MAJU
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN V
08 JANUARI s/d 08 MEI 2015
‘’PERBAIKAN CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”


Diajukansebagaisalahsatutugasakhirdalampelaksanaan
PraktikKerjaIndustri






DISUSUN OLEH
NAMA                        : SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN       :  837 / 9984775758


TEKNIK ALAT BERAT
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MINAS
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIAK
PROVINSI RIAU
2015
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT. DRILINCO MAJU
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN V
08 JANUARI s/d 08 MEI 2015

‘’PERBAIKAN CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”

DISUSUN OLEH
NAMA                        : SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN       :  837 / 9984775758

DisetujuiOleh,
Minas, 08 Mei 2015
PembimbingSekolah                          Pembimbing DU/DI
                                                                                                                                                         
                                                                                             
    KRISBETS S,Pd                                          FAUZI

Mengetahui
    KepalaSekolah                                      KetuaJurusan



AGUSTINA SUSILAWATI.M.Pd                              SUMARDI S.Pd
NIP.197508252003122003                 NIP.197903012011021001





LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PT. DRILINCO MAJU
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ANGKATAN V
08 JANUARI s/d 08 MEI 2015
‘’PERBAIKAN CYLINDER BUCKET BACK HOE JCB 3CX”




DISUSUN OLEH
NAMA                        : SUKRI SAPUTRA
NIS/NISN       :  837 / 9984775758


Menyetujui


        Minas, 08 Mei 2015
Supervisor Workshop                Pembimbing DU/DI                  

                                                                                   
          SALFI                                            FAUZI



KATA   PENGANTAR

Pujisyukur kami panjatkan kehadiran tuhan yang maha esa yang telah memberikan segala berkah dan hidayahnya serta rahmat-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan praktek kerja industri (PRAKERIN) yang merupupakan intrakulikuler yang dilaksanakan oleh siswa di dunia usaha/industry yang memudahkan secara sistematik dan sinkron program pendidikan disekolah dan program pengusahaan keahlian yang memperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia usaha/industri, hal tersebut dilaksanakan penulis dengan terjun langsung ke PT. DRILINCO MAJU untuk melaksanakan praktek kerja lapangan pada tanggal 8 Januari s/d 8 Mei 2015.
Dengan telah selesainya praktek tersebut penulis membuat laporan yang diberijudulPerbaikan Cylinder Bucket Back Hoe JCB 3CX” selesainya laporan ini tidak terlepas dari dorongan,bantuan,dan bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak yang berkenan membantu dalam penulisan laporan prakerin ini. Dengan demikian penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasi kepada :
1.    Orang tua dan keluarga yang telah member bimbingan dan dorongan maupun material sertaDo’a untuk keberhasilan penulis.
2.    Ibuk AGUSTINA SUSILAWATI M,Pd Selaku kepala sekolah SMK Negri 1 Minas.
3.    Bapak Sumardi S.Pd selaku ketua jurusan dan Bapak Krisbets S.Pd selaku Guru pembimbing sekolah dan juga pembimbing DU/DI yang telah memberikan masukan, pengarahan dan memantau penulis selama menjalankan Prakerin.
4.    Para majelis Guru dan Staft Tata Usaha yang telah memberikan pengarahan serta bimbingan kepada Penulis.
5.    Bapak Fauzi selaku pembimbing dari perusahaan.
6.    Bapak Salfi sebagai supervisor workshop.
7.    Seluruh karyawan PT. DRILINCO MAJU yang telah membantu kelancaran kegiatan Prakerin penulis.
Untuk semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan berbagai hal selama masa prakerin, penulis ucapkan terimakasih. Penulis memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga pengorbanan dan keiklasan yang telah diberikan oleh pihak yang telah membantu dalam melaksanakan Prakerin di    PT. DRILINCO MAJU akan dibalasnya dengan balasan yang berlipat ganda. Amin..
Minas,  8  Mei  2015
         Penulis



SUKRI  SAPUTRA




DAFTAR  ISI

COVER…………………………………………………………………………I
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………………..…III
KATA  PENGANTAR………………………………………………………..V
DAFTAR  ISI…………………………………………………………………VII
DAFTAR  GAMBAR………………………………………………………..VIII
BAB  IPENDAHULUAN………………………………………..……………1
1.1 Latarbelakangprakerin……………………………….…………..1
1.2 LatarBelakangPendidikanSistemGanda……………………….1
1.3Tujuanpendidikan system ganda (PSG)……………….…...….3
1.4  Manfaatpendidikan system ganda (PSG)……………….……3
BAB  II  GAMBARAN  UMUM……………………………………..……….5
2.1 TinjauanUmun / Sejarah DU/DI……………………..…………..5
2.2 VisidanMisi……………………………………………..………….5
2.3  System Organisasi PT.DRILINCO MAJU………….……….....6
2.4 JadwalKerja………………………………………………………..7
2.5 PemeliharaanTempatdanLingkunganKerja…………………….7
BAB  III  TEORI  DASAR…………………………………………..………..8
            3.1Fungsi Cylinder……………………………………………………8
            3.2  komponen system Cylinder…………………………………….8
BAB  IVPEMBAHASAN……………………………..…………………......11
            4.1  Alatkeselamatansebelumpengerjaan……..……………….....11
            4.2  AlatdanBahan…………………………………………..……….13
            4.3  Pembongkaran  Cylinder Bucket……………………….….....16
            4.4  pemasanganCylinder Bucket …………………………………18
BAB  V  PENUTUP………………………………………………..……......19
            5.1  kesimpilan……………………………………………..……......19
            5.2  saran………………………………………………….………....19
Daftarpustaka
Lampiran
DAFTAR  GAMBAR

GAMBAR  3.1           Cylinder Bucket……………..……………..…...….2
GAMBAR  3.2           Cylinder………..………………………………..….2
GAMBAR  3.3           Rod……………………………………………….…3
GAMBAR  3.4           Piston……………………………………………….4
GAMBAR  3.5           Head…………………..……………………………4
GAMBAR  3.6           Seal dan O-Ring………...…….…………..………5
GAMBAR  3.7           Pin………………………………….………..….…..5
GAMBAR  3.8           Lock Pin ………………………………...….……...5
GAMBAR  4.1           Safety helmet (helm safety )…………..…..……6
GAMBAR  4.2           Safety  gless ( kacamata safety )………..….…6
GAMBAR  4.3           Safety  vest ( pakaian safety )………….………6
GAMBAR  4.4           Safety  Glove ( sarungtangan )……….…..….7
GAMBAR  4.5           Safety  shoes ( sepatu  safety )…………..…...7
GAMBAR  4.6           KunciShock …………………………………..…8
GAMBAR  4.7           KunciRing-pass …………………………………8
GAMBAR  4.8           ObengMin (-)……………………………….......9
GAMBAR  4.9           Hammer……………………………………….…10
GAMBAR  4.10         KainMajun ………………………………….…..10
GAMBAR  4.11         WadahTampung……………………………….11
GAMBAR  4.12         Over Head Crane (OHC)……………….………11
GAMBAR  4.13         Belting…………………………………….………11
GAMBAR  4.14         Mempergunakan Over Head Crane…….……..12
GAMBAR  4.15         Nut pada Rod………………………...…………..12
GAMBAR  4.16         Piston yang sudahterlepas……………………..12
GAMBAR  4.17         Seal pada Rod………….………………………...13


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang praktek
     Pada saat ini perkembangan penemuan dibidang teknologi khususnya otomotif sangat pesat.Sebenarnya dalam bidang otomotif tersebut pada dasar nya untuk membantu memperlancar dan mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Dalam ruang lingkup yang lebih kecil seperti suatu industri,maka kebutuhan akan otomotif sangatlah mutlak diperlukan guna untuk memperlancar suatu proses industri sehingga akan diperoleh efisiensi yang tinggi dari hasil yang maksimal.  Sebagai contoh dibidang otomotif yang banyak dipakai dalam suatu industri yaitu froklif atau crane yang beroperasi sebagai pengangkat bahan baku, hasil industri dan memindahkan suatu barang atau material yang berat atau tidak bisa dipindahkan oleh tangan manusia.

Praktek  dibidang otomotif ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang cara menganalisa kerusakan dan mereparasi komponen otomotif yang mengalami gangguan. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian siswa untuk dapat bersaing di dunia usaha atau industri dan menciptakan lapangan kerja.

1.2  Latar Belakang Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sudah berkembang sedemikian pesatnya, sehingga bagi kita dapat lebih giat lagi belajar yang berguna untuk mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tersebut. Pendidikan Sistem Ganda (PSG)  merupakan bagian dari kurikulum sekolah menengah kejurusan (SMK) yang dilaksanakan untuk menguji sampai dimana kemampuan seorang siswa dalam menerapkan ilmu yang telah di dapatnya. Dan sebagai salah satu syarat mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) serta ujian akhir Nasional (UAN) di seluruh SMK di Indonesia melalui praktek kerja ini siswa diharapkan dapat menerapkan teori-teori yang didapat dari bangku sekolah guna memperoleh pengalaman serta semua ilmu yang didapat selama PSG, dapat bermanfaat untuk memudahkan peluang kerja dan menjadi tenaga kerja yang professional dan siap pakai. Oleh karena itu semua sekolah menengah kejurusan (SMK) di wajibkan mengikuti Pendidikan System Ganda (PSG) karena sudah ditetapkan aturannya oleh Negara melalui mentri pendidikan yang sesuai dengan :
a.      undang-undang No. 2 tentang pendidikan nasional yakni : penyelenggaraan pendidikan di sekolah dan pendidikan di luar sekolah. (BAB  IV pasal 1 ayat 1)
b.      peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang para peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional yang berbunyi : peran masyarakat dapat berupa pemberian tempat magang atau pelatihan kerja. (BAB II pasal 4 ayat 8)
c.      keputusan mentri pendidikan No. 0490/V/1992 tentang sekolah yang berisi : kerja sama sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan dunia industri sesuai dengan program sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan azas saling menguntungkan. (pasal 33).
d.      Praktek kerja industri juga kegiatan kulikuler yang wajib dilaksanakan bagi setiap siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian akhir sekolah (UAN).
e.      Pada umumnya pendidikan system ganda (PSG) adalah suatu bentuk penyelenggaraan keahlian professional yang memudahkan secara sistematik.
1.3 Tujuan Pendidikan Sistem Ganda(PSG) atau prakerin
Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan pendidikan system ganda (PSG) di dunia industri adalah :
a.     melihat, mengenal dan melaksanakan pekerjaan secara langsung serta menerapkan teori-teori yang telah didapat di sekolah
b.     berlatih, disiplin dan bertanggung jawab dalam setiap melaksanakan pekerjaan yang diberikan.
c.      Memperoleh ilmu dan pengetahuan dalam bidang otomotif sehingga dapat menambah pengalaman dan wawasan untuk siap terjun ke lapangan.
d.     Memperoleh link dan macth antara sekolah dengan dunia kerja yang berkualitas dan professional.
e.     Sebagai persyaratan mengikuti ujian akhir nasional (UAN) dan program wajib setiap sekolah menengah kejuruan (SMK).
f.       Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai dari proses pendidikan.
g.     Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja memiliki tingkat pengetahuan dan keterampilan serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan laporan kerja.
h.     Memperkokoh keterkaitan dan keterpaduan antara sekolah dengan dunia usaha/industri.
1.4  Manfaat Pendidikan Sistem Ganda(PSG) atau Prakerin
a.  Bagi siswa :
1.  Dengan mengetahui dan memahami berbagai macam aspek dalam perusahaan.
2.  Dapat membandingkan teori yang dapat disekolah dengan pengalaman yang didapat dilapangan pekerjaan.
3.   Mendapat kesempatan untuk melatih keterampilan dan menambah ilmu dalam setiap melakukan pekerjaan atau kegiatan.
4.   Hasil karya lebih bermakna sebagai bekal hidup dan pengembangan diri.
b.   Bagi sekolah :
1.  mempererat kerjasama yang baik antara perusahaan dengan sekolah menengah kejuruan (SMK).
2.  Tercapainya tujuan praktek kerja industri (Prakerin). Terjadi kesesuaian dan keselarasan antara program pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha.
c.   Bagi dunia usaha/industri :
1.  Mengenal lebih dalam kualitas pegawai. Dalam hal tersebut peserta di didik dengan tenaga kerja yang dapat memberikan keuntungan.
2.  Pemberian tugas kepada peserta didik untuk memberi solusi teknik ilmu pengetahuan bagi pihak perusahaan/intansi.
3.  Sebagai wujud kerjasama dan kepedulian perusahaan dengan dunia pendidikan.



BAB  II
GAMBARAN  UMUM

2.1 Tinjauan umum/sejarah DU/DI
     PT. DRILINCO MAJU adalah suatu perusahaan swasta yang berdiri pada tahun 1996.Bergerak dibidang perbengkelan dan dialer.

2.2  Visi dan misi
     Visi dan misi PT. DRILINCO MAJU yaitu adalah sebagai berikut :
Visi :        perusahaan yang mengembangkan hubungan social yang harmonis, layak secara ekonomis dan ramah lingkungan.
Misi :        mengelola dan mengembangkan secara tekhnik dan menyediakan kesempatan dan lapangan kerja bagi masyarakat dan industri terkait serta memperbaiki kesejahteraan masyarakat sekitar.



SYSTEM ORGANISASI PT.DRILINCO MAJU
MOSC MINAS



2.3  Jadwal kerja
     Adapun jadwal atau jam masuk pada praktek kerja industri di PT.DRILINCO MAJU adalah sebagai berikut :

     Senin  :-masuk/check in     :           Pukul 07.00 WIB
-istirahat                   :           Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check out  :           Pukul 16.00 WIB

     Selasa : -masuk/check in   :           Pukul 07.00 WIB
-istirahat                   :           Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check out  :           Pukul 16.00 WIB

     Rabu  : -masuk/check in    :           Pukul 07.00 WIB
-istirahat                   :           Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check out  :           Pukul 16.00 WIB

     Kamis : -masuk/check in    :           Pukul 07.00 WIB
-istirahat                   :           Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check out  :           Pukul 16.00 WIB

Jum’at : -masuk/check in    :           Pukul 07.00 WIB
-istirahat                   :           Pukul 12.00 s/d 13.00 WIB
-pulang/check out  :           Pukul 16.00 WIB
            Sabtu dan Minggu               :          OFF

2.4  Pemeliharaan Tempat dan Lingkungan Kerja
Pemeliharaan tempat kerja dan lingkungan kerja sangatlah penting karna bersihnya tempat dan lingkungan kerja, maka seluruh karyawan dan karyawati akan senang dan semangat dalam bekerja. Pemeliharaan tempat lingkungan kerja (cleaning service) ditangani oleh jasa kontraktor yang ditugaskan khusus untuk membersihkan kantor dan area workshop tempat kerja.
BAB  III
TEORI DASAR

3.1       Fungsi Cylinder Bucket back hoe JCB 3CX
 CylinderBucket  berfungsi untuk membuka dan menutup Bucket ketika mengambil dan membuang beban yang ada dalam Bucket.
Gambar 3.1 Cylinder bucket
3.2       komponen Cylinder Bucket back hoe JCB 3CX
Adapun komponen-komponen Cylinder bucket terbagi menjadi sebagai berikut :
A. Cylinder
Cylinder berfungsi sebagai tempat cairan fluida atau sebagai tabung penyimpanan.
Gambar 3.2 Cylinder
B.  Rod
Rod berfungsi sebagai penerus tenaga dari piston yang akan diberikan ke bucket.
Gambar 3.3 Rod
C.  Piston
Piston berfungsi sebagai tenaga awal atau penerus awal yang dihasilkan oleh fluida.
Gambar 3.4 Piston
D.  Head
Head berfungsi sebagai tutup Cylinder.
Gambar 3.5 Head
E.  Seal dan O-Ring
Seal dan O-Ringberfungsi sebagai penahan fluida agar tidak terjadi kebocoran pada cylinder bucket
Gambar 3.6 Seal dan O-Ring
F.  Pin
Pin berfungsi sebagai penahan atau pengunci Cylinder bucket.
Gambar 3.7 Pin
G.  Lock Pin
Lock Pin berfungsi sebagai pengunci Pin
Gambar 3.8 Lock Pin
BAB  IV
PEMBAHASAN

4.1  Alat keselamatan sebelum pengerjaan
            Dalam melakukan suatu pengerjaan, setiap pekerja harus mempersiapkan safety yang wajib digunakan dalam melakukan suatu perbaikan atau pekerjaan, dan safety yang wajib digunakan secara umum adalah sebagai berikut:
a.     Safety Helmet
Safety helmet berfungsi untuk melindungi kepala kita dari benturan yang timbul tidak disengaja maupun benturan dari jatuhan material-material.
Gambar4.1 safety  helmet
b.     Safety gless (kacamata safety)
Safety gless berfungsi untuk melindungi mata kita dari kotoran-kotoran,debu,atau pun reruntuhan pasir yang tidak sengaja jatuh.
Gambar  4.2safety  gless
c.     Safety vest (pakaian kerja)
Pakaian kerja didesain secara khusus untuk melindungi badan kita dari kotoran dan bahaya seperti tumpahan cairan.
IMG20141106201847
Gambar 4.3safety  vest
d.     Safety glove (sarung tangan)
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan kita dari bahaya benda-benda tajam maupun material-material lainnya yang dapat melukai tangan kita.
Gambar 4.4safety  glove
e.     Safety shoes (sepatu safety)
Sepatu kerja di desain secara khusus yang berfungsi untuk melindungi kaki kita dari bahaya seperti pecahan kaca,paku,duri,maupun dari jatuhan benda-benda yang tidak disengaja.
Gambar  4.5safety  shoes

4.2  Alat dan Bahan
Sebelum melakukan perbaikan, ada beberapa alat-alat dan bahan yang harus di persiapkan, alat dan bahan tersebut yaitu :
1.  Alat
a.  Kunci Shock
   Fungsi Kunci Shock adalah untuk membuka baut atau mur pada komponen, Kunci Shock adalah jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas baut atau mur pada komponen.
IMG20141104081623
Gambar4.6Kunci Shock

b.  Kunci Ring Pass
     Fungsi Kunci Ring Pass adalah untuk membuka baut dan mur pada komponen.
IMG20141104081505
Gambar 4.7Kunci Ring Pass
c.  Obeng Min
Obeng Min berguna untuk mencongkel Lock Pin
Gambar4.8Obeng Min

d.  Hammer
Hammer berguna untuk memukul Pin agar mudah terlepas
Gambar 4.9 Hammer

2.  Bahan
a.  kain Majun
Fungsi kain majun adalah membersihkan kotoran yang menempel pada parts/komponen.
majun
Gambar4.10Kain Majun
b.  wadah tampungan / drum potong
            Wadah tampungan / drum potong digunakan untuk menampung tumpahan oli atau cairan lainnya.
Gambar4.11Wadah Tampung
c.  Over Head Crane (OHC)
Berfungsi sebagai alat yang membantu mengangkat cylinder.
Gambar4.12Over Head Crane
d.  Belting
 Berfungsi untuk mengikat cylinder agar bisa dihubungkan ke Hoise
Gambar 4.13 Belting
4.3  PembongkaranCylinder Bucket
Adapun langkat pembongkaran CylinderBucket adalah sebagai berikut            :
a.    Bukalah hose in dan hose out pada Cylinder bucket dengan kunci ring pass 7/8 inchi.
b.    Tampunglah tumpahan oli hydraulic dengan penampung(Drum potong).
c.    Agar cylinder tidak jatuh sebelum membuka Lock Ping dan Pin sebaiknya cylinder di ikat dengan belting, dan belting di ikat ke head over crane (OHC).
Gambar 4.14Mempergunakan OHC
d.    Bukalah Lock Pin dan Pin pada cylinder bucket dengan hammer.
e.    Setelah terlepas dari unit, letakkan di meja kerja.
f.     Setelah itu, lepaslahhead dengan kunci ring pass 40mm
g.    Setelah head terlepas, tarik lah rod dengan perlahan agar head terlepas dari cylinder.
h.    Setelah Rod  danHead  terlepas dari Cylinder, bukalah nut pada rod  untuk melepas piston dengan menggunakan kunci ring pass 25 mm.
Gambar 4.15Nut pada Rod
i.      Dan lepaslah piston  darirod.
Gambar 4.16 Piston yang sudah terlepas
j.      Setelah semua terlepas, maka lepaskan lah seal dan O-ring  padapiston dan head dengan menggunakan pencongkel atau Obeng Min.
Gambar 4.17Seal pada Rod
k.    bukalahbushing pada rodCylinder dengan cara di press atau dipukul dengan hammer.
l.      setelah semuanya terlepas, maka seal,O-ring dan bushing yang rusak diganti dengan yang baru.
m.   Jika rod mengalami kebengkokan maka rod harus di fabrikasi.

4.4  PemasanganCylinder Bucket
Adapun langkah pemasanganCylinder Bucket sebagai berikut:
a.    Sebelum memasang komponen Cylinderbucket, bersihkanlah semua komponen.
b.    Setelah semua komponen bersih, pasanglah seal dan O-ring pada piston.
c.    Setelah terpasang, masukkan bushingke rod. Lalu pasanglah piston dan kuncilah nut dengan kunci ring pass 25 mm.
d.    Setelah itu, masukkan rod ke cylinder dengan perlahan.
e.    Pasanglah head dan kunci dengan kunci ring pass 40 mm.
f.     Setelah terpasang, pasanglah Ram Cylinder bucket ke unit dengan memasang Pin dan Lock Pin.
g.    Pasanglah Hose In dan Hose Out dengan kunci ring pass 7/8 inchi.
h.    Sebelum menguji unit, tambahlah oli hidroulic dengan menggunakan oli turalik oil 48.
i.      Setelah itu,Cylinder dapat di operasikan kembali.



BAB  V
PENUTUP

5.1  Kesimpulan
Setelah kami melaksanakan praktek system ganda (PSG) di PT. DRILINCO MAJU dan membuat laporan ini, maka kami dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain :
a.     Kegiatan prakerin merupakan kegiatan yang positif bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi siswa dan siswi.
b.    Kegiatan prakerin merupakan kesempatan yang memberikan ruang kepada siswa dan siswi SMK untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan kompetensi masing-masing.
c.    Kegiatan prakerin merupakan media promosi kemampuan siswa SMK sebagai tenaga kerja yang matang dalam menyongsong dunia kerja.
Praktek kerja lapangan ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan siswa dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang didapat langsung pada objeknya.

5.2  Saran
Penulis ingin mengemukakan beberapa saran yang belum bisa penulis ungkapkan secara langsung, agar dapat dijadikan sebagai bahan masukan, Saran-saran tersebut adalah :
a.    kepada pihak SMKN 1 MINAS
·         Agar lebih meningkatkan kualitas siswa-siswinya dengan cara menempatkan para siswa-siswinya pada tempat prakerin yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang diajarkan selama belajar di SMKN 1 MINAS
·         Lebih memantapkan pelajaran tentang ilmu teknik alat berat dengan cara memberikan penjelasan beserta bahan prakteknya.
b.  Kepada pihak PT. DRILINCO MAJU
·         Agar lebih meningkatkan kedisiplinan pegawai dalam jam kerja
·         Penulis selalu mendo’akan agar PT. DRILINCO MAJU tetap jaya sampai kapanpun dan semoga semua visi dan misinya dapat tercapai sesuai yang diharapkan.
·         Penulis selalu berharap agar PT. DRILINCO MAJU selalu menerima siswa-siswi SMKN 1 MINAS untuk melaksanakan kegiatan prakerin guna mempraktekkan ilmu yang didapat dari sekolah sesuai jurusan masing-masing.
·         Penulis berharap agar PT. DRILINCO MAJU selalu membuka lowongan pekerjaan setiap tahunnya, khususnya untuk siswa-siswi SMKN 1 MINAS.

2 komentar: