Rabu, 28 Oktober 2015

Pemeriksaan, Pelepasan dan Pemasangan Fuel injection pump


TUGAS

“pelepasan, pemeriksaan dan pemasangan fuel injection pump”

D
I
S
U
S
U
N

OLEh

sukri  SAPUTRA

KELAS  XIi  TAB  2


SMK N  1  MINAS




1.       Fungsi Pompa Injeksi Bahan Bakar
Pompa injeksi bahan bakar (Fuel Injection Pump) berfungsi untuk mensuplai bahan bakar ke
ruang bakar melalui nozzle dengan tekanan tinggi (max 300 kg/cm2). Bahan bakar yang diinjeksikan dengan tekanan tinggi tersebut akan membentuk kabut dengan partikel-partikel bahan bakar yang sangat halus sehingga mudah bercampur dengan udara.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgKtYhRz65wAA7DYBn35BFpX6kJJrWxixqCsHl198IUCC9nNIdQsqhI0SuFWrQahRtqa-oTbnCK7JQx04Y7Cr3fNUlIqTn6ZtWSR9AQNdmG29Zrx6hKm1eXkIDE3bFSqu11ChAiYwPo40/s320/FIP.jpg

• Lokasi Pompa Injeksi Bahan Bakar
Pompa injeksi bahan bakar (Fueli njection pump) pada diesel engine dengan susunan silinder tipe in-line biasanya terletak di bagian kiri atau kanan dari engine. Sedangkan pada V-engine biasanya diletakkan di tengah. Ada juga V- engine yang menggunakan dua buah pompa injeksi yang masing-masing diletakkan di bagian kanan dan kiri engine.

Pompa bahan bakar yang umum digunakan pada diesel engine putaran tinggi untuk
automobile dan mesin-mesin konstruksi adalah tipe jerk pump system. Jerk berarti bergerak ke
atas. Hal ini dikarenakan pompa ini menggunakan plunger yang bergerak ke atas pada saat
memompa bahan bakar ke ruang bakar engine.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRBe2J3HCWKHwlORPCFVjkrsh9rOn3iNsEJnfAtQIbOnEzE10B6zsxLBj1YIWon8X8wd0LLU-Y_Q8jXXakpvnn9w6KLvBTTQ9yhCqEJ_8o_qvYzMlSNbaFTFCHIkfV4QhJWNPFvKGJWmc/s1600/jenis+fip.jpg

Pompa injeksi bahan bakar tipe central diklasifikasikan ke dalam empat tipe, yaitu: tipe in-line,
distributor, V, dan parallel. Tipe in-line digunakan pada diesel engine kelas menegah dan besar, dimana plunger-nya disusun segaris dengan jumlah sesuai dengan banyaknya silinder. Tipe ditributor kadang digunakan pada diesel engine ukuran kecil, dimana pada tipe ini, bahan bakar disuplai oleh satu buah plunger yang melayani semua silinder. Pada tipe V, plunger-nya disusun dengan bentuk V.

Pada tipe parallel, dua buah in-line pump disusun secara parallel. Pompa injeksi bahan bakar tipe separate diklasifikasikan ke dalam dua tipe, yaitu: tipe single dan tipe unit injector. Pada tipe single, camshaft-nya digunakan untuk memompa bahan bakar. Sedangkan pada tipe unit injector, antara injection pump dan injection nozzle-nya dijadikan satu.
2.       Pemeriksaan/penyetelan    :
Saat menginjeksian bahan bakar merupakan salah satu faktor penting dalam mesin diesel. Kesalahan penyetelan dapat mengakibatkan efisiensi pembakaran berkurang dan konsumsi bahan bakar akan meningkat seiring dengan meningkatnya asap gas buang.
       Saat menginjeksian ini bisa berubah apabila pompa injeksi selesai diganti dan keausan pada roda gigi atau timing belt. Pemeriksaan timing injeksi bisa dilakukan dengan dua cara, sebagai berikut :
a)      Pemeriksaan statis, pada saat pemasangan pompa injeksi, lakukan kegiatan berikut ini.
·         Tempatkan pompa injeksi yang baru pada mesin. Pastikan tanda pada pompa lurus dengan tanda pada mesin.
·         Keluarkan udara dalam sistem bahan bakar.
·         Lepaskan pipa injeksi silinder nomor 1, lalu pasang pipa pemeriksaaan (inspection pipe) pada penahan delivery valve nomor 1.
·         Putar mesin secara manual sehingga bahan bakar keluar dari pipa pemeriksaan
·         Bersihkan sisa bahan bakar yang keluar dari ujung pipa pemeriksaan (A) sehhingga permukaan bahan bakar rata dengan tepi pipa (B)
·         Putar poros engkol pelan-pelan sehingga permukaan bahan bakar pada pipa pemeriksaan mulai menonjol keluar. Pada saat ini, jika tanda timing pada puley tepat padda tanda timing berarti penyelesaian sudah tepat
·         Jika belum tepat, majukan atau mundurkan saat injeksi dengan cara pompa injeksi dimiringkan ke arah mendekati atau menjauhi mesin.
b)      Pemeriksaan dinamik,  pada saat mesin hidup, digunakan strobo light atau timing light. Kemudian lakukan kegiatan berikut ini
·         Hidupkan mesin, jaga putaran idling mesin sesuai dengan spesifikasi.
·         Hidupkan timing light, dan arahkan chayanya ke arah tanda timing di puley atau di roda gila.
·         Apabila tanda timing di puley tepat dengan tanda di mesin berarti timing injeksi sudah benar.
·         Apabila tanda timing tidak tepat maka harus merubah posisi pompa injeksi hingga tanda timing tepat.



3.       Pelepasan Fuel  Injection Pump
·         Lepaskan semua hose yang tersambung dengan Fuel injection pump
·         Lepaskan semua Line dan return Line yang tersambung
·         Lepaskan semua baut-baut pengikat
·         Setelah semua baut terlepas, lalu lepaskan Fuel injection pump


4.       Pemasangan Fuel injection pump
·         Putaran crank shaft searah putaran engine (biasanya searah jarum jam / CW ) sampai piston 1 posisi TDC compressi. Perhatikan tanda Top 1.6 ( tanda ini dapat dilihat pada pulley ) lalu tepatkan dengan pointer ( penunjuk )
·          Putar kembali crank shaft berlawanan putaran engine hingga tanda IJ tepat dengan pointer ( tanda IJ adalah tanda pada saat injection fuel).
·          Luruskan tanda yang ada di flange penggerak FIP (Assoseries gear) dengan flange FIP- nya
·          lepaskan fuel injection pipe silinder No. 1.  Buka delivery valve holder, ambil spring delivery valve dan delivery valve kemudian pasang kembali delivery valve holder.
·          Kemudian pompakan fuel dengan mengoperasikan hand pump sampai fuel yang keluar dari plunger satu berhenti, pada waktu yang sama dimana saat memompakan juga dilakukan memutar flange FIP atau body RID perlahan-lahan .
·         Apabila suplai fuel sudah berhenti keluar pada plungger satu, berarti mulai saat injection.

·          Kencangkan baut-baut pengikat ( sesuai standar torquenya ), dan pasang kembali delievery valve dan spring delievery valve

6 komentar:

  1. itu tipe mesin apa bro? Coba pemasangan nya pada mesin isuzu nkr 71 turbo

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Master saya ada kendala nih, Saya baru siap Over Hould Engine Nissan RD8 V.
    Susah hidup master.
    Apa kira" Permasalahanya,apakah Itu timingnya Kurang Tepat.
    Gmn master kira", Apa Yg harus saya lakukan,Karna Kemungkinan Timingya kurang tepat aku rasa.

    BalasHapus
  4. Master saya ada kendala nih, Saya baru siap Over Hould Engine Nissan RD8 V.
    Susah hidup master.
    Apa kira" Permasalahanya,apakah Itu timingnya Kurang Tepat.
    Gmn master kira", Apa Yg harus saya lakukan,Karna Kemungkinan Timingya kurang tepat aku rasa.

    BalasHapus
  5. Kalau tanda top pada roda gila mesin nissan rf8 tau ga bos

    BalasHapus
  6. ukuran tekannan setelan nozel nissan re/rf 8 berapa kilo bod

    BalasHapus